14 Maret 2021

Konsep Dasar Sistem Database

Suatu database management system (DBMS) merupakan kumpulan data yang saling berelasi dan satu set program untuk mengakses data tersebut. Jadi DBMS terdiri dari database dan program pengelolanya. Database didefinisikan sebagai kumpulan file-file yang saling berelasi dimana relasi tersebut biasanya ditunjukkan dengan kunci dari masing-masing file yang ada.

Dalam satu file terdapat record-record yang sejenis, sama besar, sama bentuk, merupakan satu kumpulan entity yang seragam. Satu record terdiri dari field-field yang saling berhubungan untuk menunjukkan bahwa field tersebut dalam satu pengertian yang lengkap dan direkam dalam satu record.

Sementara untuk memudahkan dalam pemasukan atau perekaman informasi dan pengambilan atau pembacaan informasi dibutuhkan suatu program aplikasi untuk pengelolanya.

DATA adalah kumpulan dari angka-angka, huruf-huruf atau simbol-simbol yang didapat dari hasil pencatatan, pengamatan atau penelitian yang akan diolah sehingga mengahasilkan informasi.

DATABASE adalah kumpulan data yang tersimpan pada media tertentu secara logis dan dapat dimanipulasi lagi untuk menghasilkan informasi. Untuk menjelaskan suatu database diperlukan 3 (tiga) diskripsi data, yakni :

1. Atribute data
2. Nilai atribute data
3. Refresentasi data

Contoh :

Atribute Data

Nilai Atribute Data

Refresentasi

No_Bp

Nama

Alamat

03111001

Lala Yuliana

Sungai Penuh

8 D

20 C

25 C

 Hyrarchi Database :


DATABASE


FILE

RECORD


FIELD

BYTE

BIT

SISTEM DATABASE adalah suatu sistem menyusun dan mengelola record-record menggunakan komputer untuk menyimpan atau merekam serta memelihara data sehingga mampu menyediakan informasi yang optimal yang diperlukan pemakai untuk proses pengambilan keputusan.

Komponen utama dari sistem database :

1.   Pemakai → Aplication Programmer Remote Terminal User. Awal dan akhir dari sebuah data yang memakai program aplikasi.

2.    Alat yang digunakan oleh user adalah DSL (Data Sub Language).

DSL merupakan bahasa yang ditujukan untuk melaksanakan perintah dalam storage dan retrieval dari informasi ke dan dari database. Bahasa dimana DSL dikaitkan disebut dengan “Host Language”. Jika DSL dikaitkan dengan pascal maka pascal merupakan host language.

3.    Workspace.

Merupakan bagian dari memory komputer yang digunakan untuk mengakomodasikan data yang diterima dari database atau dikirim ke database.

4.    Database itu sendiri.

5.    Data Model (DM) dan Data Model Definition (DMD).

6.    Data Sub Model (DSM) dan Data Sub Model Definition (DSMD).

7.    Database Manajement System (DBMS).

Istilah-istilah yang umum digunakan dalam sistem database :

1.    Enterprise, merupakan suatu bentuk organisasi, seperti : instansi, sekolah, bank, pabrik, dan lain-lain.

2.    Entitas, suatu obyek yang dapat dibedakan dengan obyek lainnya yang dapat diwujudkan dalam database.

Contoh :

· Entitas dilingkungan universitas → mahasiswa, dosen, matakuliah

· Entitas dilingkungan instansi pemerintah → karyawan, departement

3.    Atribute/Field, merupakan karakteristik entitas tertentu.

Contoh :

· Entity Mahasiswa → atributenya adalah Nomor_Bp, Nama, Alamat dan lain-lain.

· Entity Bank → atributenya adalah Nomor_Rekening, Nama_Nasabah.

4.    Data Value, merupakan data actual atau informasi yang disimpan ditiap data elemen atau atribute. Isi dari atribute disebut nilai data (data value).

Contoh :

· Atribute Nama_Mahasiswa → Ade, Budi Santoso, Ferdinal.

· Atribue Alamat_Mahasiswa → Sungai Penuh, Jambi, Bangko.

5. Record/Tuple, merupakan kumpulan isi elemen data yang saling berhubungan menginformasikan tentang suatu entity secara lengkap.

Contoh :

· Kumpulan atribute Nomor_Bp, Nama_Mahasiswa dan Alamat berisikan “05111001”, Budi Santoso, Sungai Penuh.

· Kumpulan atribute Kode_Obat, Nama_Obat berisikan K01, Konidin.

6. File, kumpulan record sejenis yang mempunyai panjang elemen dan atribute yang sama.

7.Kunci Elemen Data, > merupakan tanda pengenal yang secara unik mengidentifikasikan entitas dari suatu kumpulan entitas. 

8. Database Manajement System (DBMS), merupakan kumpulan file yang saling berkaitan bersama dengan program untuk pengelolanya atau merupakan kumpulan software yang mengkoordinasikan semua kegiatan yang berhubungan dengan database agar dapat diakses/dipakai oleh user (pemakai).