18 Maret 2021

Software

SOFTWARE

 


Perangkat lunak adalah sekumpulan instruksi, data atau program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan menjalankan tugas tertentu. Ini kebalikan dari perangkat keras, yang menggambarkan aspek fisik komputer. Perangkat lunak adalah istilah umum yang digunakan untuk merujuk pada aplikasi, skrip, dan program yang berjalan di perangkat. Ini dapat dianggap sebagai bagian variabel dari komputer, sedangkan perangkat keras adalah bagian yang tidak berubah-ubah.

Dua kategori utama perangkat lunak adalah perangkat lunak aplikasi dan perangkat lunak sistem. Aplikasi adalah perangkat lunak yang memenuhi kebutuhan tertentu atau melakukan tugas. Perangkat lunak sistem dirancang untuk menjalankan perangkat keras komputer dan menyediakan platform untuk menjalankan aplikasi di atasnya.

Jenis perangkat lunak lainnya termasuk perangkat lunak pemrograman, yang menyediakan alat pemrograman yang dibutuhkan oleh pengembang perangkat lunak; middleware, yang berada di antara perangkat lunak sistem dan aplikasi; dan perangkat lunak driver, yang mengoperasikan perangkat dan periferal komputer.

Perangkat lunak awal ditulis untuk komputer tertentu dan dijual dengan perangkat keras yang menjalankannya. Pada 1980-an, perangkat lunak mulai dijual pada floppy disk, dan kemudian dalam CD dan DVD. Saat ini, sebagian besar perangkat lunak dibeli dan langsung diunduh melalui internet. Perangkat lunak dapat ditemukan di situs web vendor atau situs web penyedia layanan aplikasi.

Contoh dan jenis perangkat lunak

Di antara berbagai kategori perangkat lunak, jenis yang paling umum meliputi:

Application software.


Jenis perangkat lunak yang paling umum, perangkat lunak aplikasi adalah paket perangkat lunak komputer yang menjalankan fungsi tertentu untuk pengguna, atau dalam beberapa kasus, untuk aplikasi lain. Aplikasi dapat berdiri sendiri, atau dapat berupa sekelompok program yang menjalankan aplikasi untuk pengguna. Contoh aplikasi modern termasuk office suite, software grafis, database dan program manajemen database, browser web, pengolah kata, alat pengembangan perangkat lunak, editor gambar dan platform komunikasi.

System software.


Program perangkat lunak ini dirancang untuk menjalankan program aplikasi dan perangkat keras komputer. Perangkat lunak sistem mengoordinasikan aktivitas dan fungsi perangkat keras dan perangkat lunak. Selain itu, ia mengontrol operasi perangkat keras komputer dan menyediakan lingkungan atau platform untuk semua jenis perangkat lunak lain untuk bekerja. OS adalah contoh terbaik dari perangkat lunak sistem; itu mengatur semua program komputer lainnya. Contoh lain dari perangkat lunak sistem termasuk firmware, penerjemah bahasa komputer, dan utilitas sistem.


Driver software.


Juga dikenal sebagai driver perangkat, perangkat lunak ini sering dianggap sebagai jenis perangkat lunak sistem. Driver perangkat mengontrol perangkat dan periferal yang terhubung ke komputer, memungkinkan mereka untuk melakukan tugas spesifiknya. Setiap perangkat yang terhubung ke komputer membutuhkan setidaknya satu driver perangkat agar berfungsi. Contohnya termasuk perangkat lunak yang dilengkapi dengan perangkat keras nonstandar, termasuk pengontrol permainan khusus, serta perangkat lunak yang mengaktifkan perangkat keras standar, seperti perangkat penyimpanan USB, keyboard, headphone, dan printer.


Middleware.


Istilah middleware menggambarkan perangkat lunak yang menjadi perantara antara aplikasi dan perangkat lunak sistem atau antara dua jenis perangkat lunak aplikasi. Misalnya, middleware memungkinkan Microsoft Windows untuk berbicara dengan Excel dan Word. Ini juga digunakan untuk mengirim permintaan kerja jarak jauh dari aplikasi di komputer yang memiliki satu jenis OS, ke aplikasi di komputer dengan OS berbeda. Ini juga memungkinkan aplikasi yang lebih baru untuk bekerja dengan yang lama.

Programming software.


Pemrogram komputer menggunakan perangkat lunak pemrograman untuk menulis kode. Perangkat lunak pemrograman dan alat pemrograman memungkinkan pengembang untuk mengembangkan, menulis, menguji, dan men-debug program perangkat lunak lainnya. Contoh perangkat lunak pemrograman termasuk assembler, compiler, debugger, dan interpreter.


Bagaimana cara kerja perangkat lunak?

Semua perangkat lunak menyediakan arahan dan data yang dibutuhkan komputer untuk bekerja dan memenuhi kebutuhan pengguna. Namun, dua jenis yang berbeda - perangkat lunak aplikasi dan perangkat lunak sistem - bekerja dengan cara yang sangat berbeda.

Application software

Application software terdiri dari banyak program yang menjalankan fungsi spesifik untuk pengguna akhir, seperti menulis laporan dan menavigasi situs web. Aplikasi juga dapat melakukan tugas untuk aplikasi lain. Aplikasi di komputer tidak dapat berjalan sendiri; mereka membutuhkan OS komputer, bersama dengan program perangkat lunak sistem pendukung lainnya, untuk bekerja. Aplikasi desktop ini diinstal pada komputer pengguna dan menggunakan memori komputer untuk menjalankan tugas. Mereka menggunakan ruang di hard drive komputer dan tidak memerlukan koneksi internet untuk bekerja. Namun, aplikasi desktop harus mematuhi persyaratan perangkat keras yang menjalankannya.

Aplikasi web, sebaliknya, hanya membutuhkan akses internet untuk bekerja; mereka tidak bergantung pada perangkat keras dan perangkat lunak sistem untuk menjalankannya. Akibatnya, pengguna dapat meluncurkan aplikasi web dari perangkat yang memiliki browser web. Karena komponen yang bertanggung jawab atas fungsionalitas aplikasi ada di server, pengguna dapat meluncurkan aplikasi dari Windows, Mac, Linux, atau OS lainnya.

System software

System software berada di antara perangkat keras komputer dan perangkat lunak aplikasi. Pengguna tidak berinteraksi langsung dengan perangkat lunak sistem karena berjalan di latar belakang, menangani fungsi dasar komputer. Perangkat lunak ini mengoordinasikan perangkat keras dan perangkat lunak sistem sehingga pengguna dapat menjalankan perangkat lunak aplikasi tingkat tinggi untuk melakukan tindakan tertentu. Perangkat lunak sistem dijalankan saat sistem komputer melakukan boot dan terus berjalan selama sistem aktif.

Desain dan implementasi

Siklus pengembangan perangkat lunak adalah kerangka kerja yang digunakan manajer proyek untuk menggambarkan tahapan dan tugas yang terkait dengan perancangan perangkat lunak. Langkah pertama dalam siklus hidup desain adalah merencanakan upaya dan kemudian menganalisis kebutuhan individu yang akan menggunakan perangkat lunak tersebut dan membuat persyaratan terperinci. Setelah analisis kebutuhan awal, tahap desain bertujuan untuk menentukan bagaimana cara memenuhi kebutuhan pengguna tersebut.

Langkah selanjutnya adalah implementasi, di mana pekerjaan pengembangan selesai, dan kemudian dilakukan pengujian perangkat lunak. Fase pemeliharaan melibatkan semua tugas yang diperlukan untuk menjaga sistem tetap berjalan.

Perancangan perangkat lunak meliputi deskripsi struktur perangkat lunak yang akan diimplementasikan, model data, antarmuka antar komponen sistem dan kemungkinan algoritma yang akan digunakan oleh insinyur perangkat lunak.

Proses desain perangkat lunak mengubah persyaratan pengguna menjadi bentuk yang dapat digunakan pemrogram komputer untuk melakukan pengkodean dan implementasi perangkat lunak. Para insinyur perangkat lunak mengembangkan desain perangkat lunak secara berulang, menambahkan detail dan mengoreksi desain saat mereka mengembangkannya.

Berbagai jenis desain perangkat lunak meliputi yang berikut ini:

  • Desain arsitektur. Ini adalah desain dasar, yang mengidentifikasi keseluruhan struktur sistem, komponen utamanya, dan hubungannya satu sama lain menggunakan alat desain arsitektural.
  • Desain tingkat tinggi. Ini adalah desain lapisan kedua yang berfokus pada bagaimana sistem, beserta semua komponennya, dapat diimplementasikan dalam bentuk modul yang didukung oleh tumpukan perangkat lunak. Desain tingkat tinggi menggambarkan hubungan antara aliran data dan berbagai modul serta fungsi sistem.
  • Desain yang rinci. Lapisan ketiga desain ini berfokus pada semua detail implementasi yang diperlukan untuk arsitektur yang ditentukan.

(Sumber : searchapparchitecture.techtarget.com)