04 Maret 2021

SEJARAH SINGKAT VISUAL BASIC 6.0

 Visual Basic merupakan salah satu bahasa tingkat tinggi (Hight Level Language) yang orientasinya pada segala tujuan. Visual Basic merupakan pengembangan terakhir dari bahasa pemrograman BASIC. BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code) adalah bahasa pemrograman “kuno” yang merupakan awal dari bahasa-bahasa pemrograman tingkat tinggi lainnya. BASIC dirancang tahun 1950-an dan ditujukan untuk dapat digunakan oleh para programmer pemula.

Beberapa versi dari pemrograman BASIC sebelumnya seperti MBASIC, BASIC, BASICA, GWBASIC, Quick Basic, Turbo Basic dan terakhir yang lebih populer adalah Visual Basic.

Visual Basic pertama kali dikembangkan pada tahun 80-an oleh perusahaan software terbesar  saat ini yakni microsoft.

Beberapa keistimewaan utama dari visual basic 6.0 antara lain :

1.      Menggunakan platform pembuatan program yang diberi nama Developer Studio, yang memiliki tampilan dan sarana yang sama dengan Visual C++ dan Visual J++.

2.      Membuat aplikasi berbasis windows yang mandiri (executable), menguji program (debugging), serta membuat obyek-obyek pembantu seperti ActiveX, Help dan lainnya.

3.      Memiliki compiler andal yang dapat menghasilkan file executable yang lebih cepat dan lebih efisien dari sebelumnya.

4.      Sarana akses data yang lebih cepat dan andal untuk membuat aplikasi database yang berkemampuan tinggi.

5. Memiliki beberapa tambahan sarana Wizard yang baru. Wizard adalah sarana yang mempermudah di dalam pembuatan aplikasi dengan mengotomatisasi tugas-tugas tertentu.

Beberapa versi visual basic yang ada di pasaran antara lain :

1.      Standar Edition/Learning Edition, adalah edisi versi standar yang sudah mencakup berbagai sarana dasar dari Visual Basic 6.0 untuk mengembangkan aplikasi

2.      Professional Edition, merupakan edisi yang memberikan berbagai sarana ekstra yang dibutuhkan oleh para programmer profesional, seperti kontrol-kontrol tambahan, dukungan untuk pemrograman internet, compiler untuk membuat file help, serta sarana pengembangan database yang lebih baik.

3.      Enterprise Edition, adalah versi yang dikhususkan untuk para programmer yang ingin mengembangkan aplikasi remote computing atau client/server. Atau untuk membuat aplikasi pada jaringan.