09 Juni 2022

Cerita Sel Darah Merah

 

Hai, aku sebutir sel darah merah. Aku lahir di sum-sum tulang merah , setelah dewasa inti selku dihancurkan , itu berarti aku harus menyiapkan diri untuk pergi ke setiap sel-sel dalam tubuh manusia.

Aku dikirimnya ke lubang semacam terowongan yang panjang yaitu “pembuluh darah” dan pergi ke daerah jantung dengan ditemani pacarku yang bernama “plasma”. Dalam perjalanan, plasma selalu merayukan dengan puisi-puisi buatannya, sepetinya aku dibuat terkagum-kagum olehnya. Sampai tak terasa perjalanan kita menuju daerah jantung sudah sampai.

Dan disinilah aku mulai menerima tugas pertamaku yang sangat berat yaitu pergi ke daerah paru-paru untuk mengambil oksigen. Tak ada kendaraan satu pun yang melintas disini, aku hampir putus asa, tapi plasma selalu menyemangatiku. Dan dia bersedia menggendong ku untuk mengambil seseorang yang bernama oksigen itu.

Dari paru-paru aku teringat amanah untuk pergi mengantarkan sebuah gerobak yang didalamnya berisi oksigen yang di ikat hemoglobin yang harus aku antarkan ke berbagai daerah-daerah penting diantaranya: daerah hati, ginjal, usus, kaki ,lengan , tenggorokan, dan otak sebelum aku kembali lagi ke jantung lagi nanti.

Dalam perjalanan yang sangat melelahkan dan membuatku tak berdaya itu memakan waktu 120 hari.

Tak apa aku lelah dan tak berdaya, karena semua ini kulakukan demi tubuh manusia untuk tetap hidup dan sehat, ku rela mati untuknya....

Sebelum ajalku tiba, aku berpamitan dengan sel-sel tubuh lainnya , dan aku berlari ke suatu arah, dari arah yang berlawanan datang lagi sel darah merah yang baru dengan segera mereka menggantikan posisiku yang akan pergi dan sudah menua ini, lalu aku dikirim ke sebuah hati dan limfa untuk di rombak dan di produksi kembali untuk menjadi zat-zat yang baru (empedu). 

Aku punya teman nih, namanya SEL DARAH PUTIH , kalau sel darah putih nama lainnya leukosit. Ukurannya lebih besar dari pada aku. Leukosit ini berfungsi untuk menjaga agar kita tetap sehat teman-teman. Dia juga punya 3 anak. Yang pertama ada granulosit, ia membantu menyembuh luka kalian, kalau seandainya kulit teman-teman terluka dan kemudian ada kemerahan disekitarnya, itu tandanya granulosit sedang bekerja. selain itu granulosit juga mencegah infeksi dengan melawan benda asing dan bakteri di tubuh.

Kemudian anak leukosit yang kedua adalah limfosit. Limfosit ini ada dua teman-teman yaitu sel B dan sel T.

Sel B membantu membuat protein yang namanya antibodi. Antibodi membantu mengenali benda asing di tubuh manusia seperti si jahat bakteri dan virus 

Sel B juga ingat loh, siapa saja yang pernah menyerang manusia, jadi kalau mereka datang lagi, ia bisa mengenalinya dan melawannya lebih cepat lagi. 

Sel T juga melawan bakteri, namun ia tidak membuat antibodi, tapi membuat zat yang melawan infeksi.

Kemudian ada monosit, yang melawan infeksi dengan mengelilingi dan menghancurkan si jahat bakteri dan virus.

Terus teman ku yang selanjutnya adalah TROMBOSIT, trombosit dalam bahasa nggris disebut platelet teman-teman, meski ukuran teman ku yang satu ini kecil tapi ia berusaha loh agar manusia tidak terlalu banyak mengeluarkan darah ketika manusia terluka. 

Jadi, saat kalian terluka, jalan yang seperti trowongan yang disebut dengan pembuluh darah itu terbuka, lalu trombosit mengirimkan sebuah sinyal pada sel trombosit nya yang lain sehingga mereka segera menutupi bagian pembuluh darah kalian yang terbuka tadi teman-teman.

Kemudian, trombosit mengirim sinyal lagi kepada sebuah zat yang bernama fibrinogen. Zat ini berperan dalam membuat jaring-jaring benang protein atau fibrin loh teman-teman.

Lalu selanjutnya aku juga ingin bercerita dengan singkat tentang pacarku nih, namanya PLASMA. kalau manusia terluka dan berdarah, kemudian ada cairan bening yang keluar, itulah pacarku teman-teman si plasma.

Ia mengangkut banyak barang nih, seperti nutrisi, protein, dan hormon.

Oya, plasma juga embawa sisa metabolisme tubuh kalian. Oiya, semua bahan-bahan atau sel darah yang aku ceritakan diatas mengambang di dalam plasma.

Begitulah asalnya darah manusia, mulai dari tempat pembuatan dan bahan-bahan penyusun aku......

 

End........